Minggu, 26 Agustus 2018

Progresif

       Monik duduk dengan tangan kiri di atas meja sebagai penyangga kepalanya. Mood-nya yang semula baik, perlahan mulai berubah turun mengingat sudah cukup lama ia duduk menunggu seseorang. Perempuan berambut ombre coklat panjang itu  duduk di bagian ujung  sebuah café dengan warna dominan hitam dan dinding bercorak batu bata.Tempat itu memang tidak terlalu besar, namun memiliki dua lantai dengan 4 kursi kayu di setiap meja-mejanya yang mungil. Suasana remang-remang dari lampu kuning disana memang cocok bagi pasangan kekasih untuk menghabiskan waktu berdua. Namun Monik datang ke tempat itu bukan untuk menunggu kekasih, melainkan menunggu mantan kekasihnya.
       Kalau 5 menit lagi dia belum datang, gue cabut! gerutu Monik dalam hati sambil melihat jam di layar smartphone-nya. Iced Capuchino yang tinggal setengah gelas di hadapannya, menjadi bukti sudah sekitar 30 menit lebih ia menunggu disana.
       Monik menyandarkan tubuhnya ke sandaran kursi & mengalihkan pandangan ke area luar café yang terlihat dari jendela kaca, tepat di samping kanannya. Sebuah motor terlihat masuk ke area parkir motor café tsb. Motor yang terasa tidak asing bagi Monik. Setelah memarkirkan motor berjenis matic itu, sang pengendara melepas helm half face-nya & berjalan menuju pintu masuk. Melalui jendela kaca yang berjejer, pandangan Monik mengikuti langkah orang itu sampai ke pintu masuk café.
       Seorang lelaki berambut gondrong sebatas bahu, dengan kaos putih polos yang dirangkap kemeja flanel abu-abu & celana jeans sobek-sobek serta membawa tas selempang kecil, masuk ke dalam café. Ia berdiam sejenak, berdiri & melihat ke seluruh area di dalam café yang ramai pengunjung seperti mencari sesuatu. Pandangannya terhenti pada sebuah meja di sudut kiri ruangan, tepat disamping jendela kaca lalu ia berjalan mendekatinya.
      “Hei, Mon! aduh, sorry nih gue telat,” ujar lelaki itu yang kini sudah berdiri tepat disamping meja Monik.
      Monik tak menjawab, hanya menatap lelaki itu dari ujung kaki hingga ujung kepala. “Andra?” tanya Monik dengan mengangkat sebelah alisnya.
     “Iyah, gue Andra… Lo udah lupa muka gue ya?” Jawab Andra yang sedikit bingung dengan reaksi mantan pacarnya itu.
      “Justru gue inget, malah gue kaget karena penampilan lo masih sama-sama aja kayak 4 tahun yang lalu,” lanjut Monik dengan sedikit senyum sinis.
       “Oh, kirain….” Ucap Andra dengan tersenyum & melepaskan tas selempang kecilnya lalu duduk di hadapan Monik.
    “Udah nunggu lama ya?” tanya Andra sambil merapihkan rambut gondrongnya yang sedikit bergelombang. “Lumayan,” jawab Monik acuh. “Sorry nih, jalanan padet banget. Maklum, ke daerah Dago pas malam Minggu gini, pastilah macet parah,” lanjut Andra sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. “Hei, siapa suruh lo ngajak ketemuan di Dago! Udah tau area macet! kan bisa di tempat lain, Bandung kan luas, Ndra!” saru Monik kesal. “Iya-iya maaf, gue yang salah, deh,” jawab Andra dengan ekspresi bersalah.
      “Jadi ada apa? Udah 4 tahun kita lost contact, tiba-tiba kemaren lo ngehubungin gue & minta ketemuan sekarang,” tanya Monik dengan tatapan tajam seperti menginterogasi Andra. “Oke-oke, tenang, bakal gue jawab tapi sebelumnya gue mesen dulu minuman ya, gue haus banget! habis itu baru gue jelasin semuanya,” jawab Andra sambil beranjak dari tempat duduknya & berjalan mendekati seorang pelayan.
      Anehnya, Andra memesan tanpa melihat buku menu. Bahkan ia seperti sudah sangat akrab dengan pelayan di café tsb. Hal itu cukup mengusik perhatian Monik.
       Ketika masih memperhatikan Andra yang tengah berbincang dengan seorang pelayan, tiba-tiba ada yang menarik perhatian Monik.  Monik melihat di salah satu bagian dinding café, dipajang beberapa papan skateboard yang diatasnya ditulis quote dari tokoh-tokoh terkenal dunia seperti Barrack Obama, Albert Einstein, dll. Hal itu membuat Monik teringat bahwa skateboard adalah salah satu penyebab kandasnya hubungan antara dia & Andra, 4 tahun yang lalu.
       Sebenarnya Andra termasuk ke jajaran lelaki tampan, jika saja ia mau sedikit merawat wajahnya agar tak banyak tumbuh jerawat & merapihkan rambut gondrongnya yang membuat siapapun merasa gerah melihatnya. Selain itu, Andra juga termasuk laki-laki yang “so sweet”. Entah berapa banyak puisi yang sudah ia tuliskan untuk Monik, beberapa bahkan ia gubah menjadi lagu. Hampir setiap malam, Andra menelepon Monik hanya untuk menyanyikan lagu ciptaannya sebagai lagu pengantar tidur bagi Monik. Oh iya, Andra juga seorang vokalis sebuah band yang sering tampil di café-café.
      Hanya saja, itu semua tidak membuat Monik merasa cocok dengan Andra. Monik sering merasa risih jika harus naik motor matic ‘butut’ milik Andra saat pergi berdua. Lalu Andra yang merasa nyaman untuk sekedar ngopi & makan di angkringan, sementara Monik yang lebih suka Coffee Shop & Café. Satu-satunya jasa Andra bagi Monik adalah mengantar & menjemputnya ke kampus. Itupun Monik memilih untuk turun & dijemput Andra di luar area kampus, hanya agar teman - teman kampusnya tidak tahu, jika kekasihnya hanya memiliki motor.
       Namun puncaknya, saat Andra memilih untuk tidak melanjutkan kuliah demi fokus menggapai cita-citanya menjadi Skateboarder profesional. Satu hal yang menurutnya tidak bisa ditoleransi lagi. Karena ia cukup yakin, cita-cita itu tidak realistis & kelak, tidak akan membuat Andra jadi suami yang tepat bagi Monik.
       Mau makan apa dari skateboard?? Makan papan?!
       Itulah kata-kata terakhir dari Monik sebelum meninggalkan Andra, 4 tahun yang lalu.
       
     "MON? MONIIK?? LO NGELAMUN?!” Tanya Andra sambil menjentikkan jarinya tepat di depan wajah Monik. Monik yang tengah melamun sambil bertopang dagu, terperanjak menyadari Andra sudah duduk dihadapannya.
       Perempuan itu terdiam sesaat lalu melihat Andra yang sedang menatapnya sambil mengerutkan kening.
      “Kenapa? lo kok liatin gue gitu?” tanya Monik risih.
    “Baju lo kok rapih banget sih, Mon? lo pulang kerja langsung kesini ya?” sahut Andra yang  merasa aneh dengan Blazer hitam dengan kemeja merah jambu yang dikenakan Monik serta rok span hitam sepanjang lutut.“Iya, tadi ada meeting dadakan sama client, jadi pulangnya rada telat, makanya enggak sempet pulang dulu. Yah, mau gimana lagi, udah resiko kerja jadi Marketing properti, suka tiba-tiba ada kerjaan mendadak gitu,” jawab Monik disambung tawa kecil. “Lo sendiri? lo sekarang kerja apa gimana, Ndra?”
      “Oh, gue gak kerja, Mon. Gue masih main skateboard aja sih, sama sesekali main band juga.”
“ASLIIIIII?!!” pekik Monik dengan ekspresi kaget luar biasa.
      “Terus lo sehari-hari main skateboard aja gitu??” tanya Monik sambil mengerutkan kening.
      “Hahaha, Iya, gue gini-gini aja sih, Mon,” jawab lelaki gondrong itu dengan santai & menggaruk sisi belakang kepalanya. 
      Monik  mendengus, disambung tatapan sinis.“Lo sama sekali gak berubah ya, Ndra,” ucap Monik sambil menggelengkan kepala. “Ya gue mau berubah jadi kaya gimana, Mon? gue kan bukan satria baja hitam,” sambung Andra dengan tawa kecil.
      Monik kembali mendengus. “Oke deh, sekarang lo cerita, kenapa lo ngehubungin gue lagi?” tanya Monik sinis. “Oh iya, jadi gini, Mon, lo inget dulu pernah minjemin gue uang buat beli papan skateboard baru waktu papan skateboard gue patah?” lalu Monik menjawab dengan anggukan kecil. “Naaaah, sekarang gue mau balikin uang itu sekaligus mau ngucapin terima kasih banyak ke lo, karena berkat papan dari uang lo, sampe hari ini gue masih bisa main skateboard,” lanjut Andra sambil mengambil sebuah amplop dari dalam tas selempangnya.
      “Hah? Apaan sih lo, Ndra! Lebay banget! Gak perlu kali gini-ginian. Gue gak butuh duit lo!” jawab Monik sambil menjauhkan tangan Andra yang menyodorkan amplop.
      “Eh, gua serius, Mon. Emang sih, uang ini gak seberapa tapi gue ngerasa kebantu banget sama uang lo waktu itu, makannya kewajiban gue buat ngebayar utang itu.”
       “Enggak, gue gak mau terima, Ndra!”
       “Please, Mon, terima ya.”
       “Ndra, gue udah anggap lunas soal uang itu, jadi gue udah enggak berharap apa-apa lagi dari lo. Lagian gue yakin, lo lebih ngebutuhin uang ini dibanding gue.”
       “Mon, anggap aja ini balas budi dari gue, ucapan terima kasih atau kenang-kenangan. Uang ini udah mau gue kasih ke lo sejak lama  tapi gue gak pernah bisa dapet kontak lo. Gue cari ke temen-temen lo & baru sekarang gue bisa ngehubungin lo. Please, hargain usaha gue ini, Mon.”
       Monik memutar bola matanya lalu mengambil amplop itu dari tangan Andra tanpa berkata apa-apa.
Seorang pelayan kemudian datang menghampiri mereka, dengan membawa segelas minuman di atas nampan. “Avocado smoothie coffee!” ucapnya sambil menaruh minuman itu di atas meja, tepat di hadapan Andra.
       “Eh, ini es-nya sedikit kayak biasa kan ya?” tanya Andra pada pegawai laki-laki itu.
       “Iya, bos, seperti biasa,” jawab pelayan itu sambil tersenyum & mengangguk.
       “Sip! Thanks ya, bro!” Sambung Andra dengan mengacungkan jempol padanya.
       “Bos?? Bro?? lo udah sering ke tempat ini ya, Ndra?” tanya Monik bingung.
       “Hmm, lumayan,” jawab Andra sambil mengocek minumannya dengan sedotan. “Oh gue tau, lo sama band lo pasti sering main disini ya?” seru Monik yakin. “Hahaha, iya juga sih,” sambung Andra seperti mengiyakan tebakan Monik.
       “Tapi dipikir-pikir tempat ini emang lumayan cozy sih, Ndra. Enak buat nongkrong-nongkrong & setahu gue termasuk tempat favorit temen-temen gue juga. Next time, mungkin gue bakal ajak tunangan gue kesini. Mendengar itu, Andra yang sedang khusyuk meneguk minumannya langsung tersedak. “Wah?! Lo udah tunangan, Mon?” tanya Andra kaget disela batuk-batuk kecil. “Udah,” jawab Monik semangat sambil menunjukkan sebuah cincin yang tersemat di jari manisnya.
       “Asli, Mon, gue enggak enak nih, gue jadi ngerasa bersalah. Tunangan lo tau gak, kalo lo kesini buat ketemu gue?” lanjut Andra sedikit cemas. “Tenang, dia tau kok. Malah dia yang bakal nganterin gue pulang sekarang. Kebetulan dia baru pulang tugas kerja dari Shanghai. Dia kan kerja di Sportz magazine, jadi sering bulak-balik ke luar negeri buat liputan event olahraga gitu,” ucap Monik seperti sengaja menyombongkan bahwa tunangannya adalah laki-laki yang jauh lebih baik dari Andra. “Oh iya-iya, syukur deh kalo gitu,” sambung Andra lega.
      Tiba-tiba terdengar bunyi dering notifikasi dari smartphone Monik, menandakan ada pesan masuk. “Eh, cowok gue udah deket, bentar lagi nyampe katanya,” seru Monik setelah membaca pesan tsb. “Gue pulang sekarang aja ya, Ndra. Itu minuman lo sekalian aja gue yang bayar,” sambung perempuan itu sambil mengeluarkan sebuah kartu kredit dari dompetnya. “Eh jangan, Mon! gue aja yang bayar, sekalian punya lo juga,” seru Andra sambil melambaikan tangan & menggelengkan kepala. “Lo mau traktir gue? serius??” tanya Monik ragu dengan mengangkat sebelah alisnya. “Iyah, udah, gue aja. Gue kan yang minta lo kesini, masa lo sih yg traktir gue,” jawab andra sambil beranjak dari tempat duduknya.
  Merekapun berjalan ke arah pintu keluar diantara lalu lalang pegawai café yang sibuk melayani pelanggan.  “Eh mas Andra! Tumben nih, mas Andra gak bawa mobil,” seru seorang pelayan yang berpapasan dengan mereka. “Oh iya, lagi males, Bud, jalanan macet kan,” jawab Andra dengan senyum ramah. “Oh, berarti kesini bawa motor yang gede dong, ya?” lanjut laki-laki yang mengenakan kemeja pegawai itu. “Wah, malem Minggu bawa motor kopling 250 cc kesini, sama aja olahraga jari tangan. Saya bawa motor matic jadul aja, biar santai,” lanjut Andra yang kemudian dijawab pegawai itu dengan tawa kecil.
       “Lo tunggu disini bentar ya, Mon, gue bayar dulu,” ucap Andra lalu masuk ke dalam pintu kayu yang diperuntukkan khusus untuk pegawai. Monik mengerutkan keningnya, bingung dengan percakapan yang baru saja ia dengar antara Andra & pegawai cafe. Ditambah Andra yang bisa masuk seenaknya ke ruangan dimana tertera tulisan “employees only” itu. Saking penasarannya, Monik kemudian bertanya pada pegawai yang tadi sempat berbincang pada Andra. “Mas, mas kenal sama cowok gondrong yang tadi?” tanya Monik ke laki-laki yang mengenakan nametag bertuliskan Budi itu. “Kenal atuh, mbak,” jawab laki-laki itu ramah. “Kok, nanya dia bawa mobil? Emang dia siapa? terus kok dia bisa masuk ke ruangan pegawai?” lanjut Monik semakin penasaran. “Oh, mas Andra emang seringnya bawa mobil kalo lagi ngecek kesini, mbak. Ini kan café punya dia,” jawab pegawai itu sebelum menunduk sopan menyadari Andra yang berjalan ke arah mereka.
       “Yuk, Mon!” ujar Andra yang kemudian berjalan mendahului Monik ke arah pintu café. Monik berjalan mengikutinya sembari terbengong menatap tubuh Andra yang tinggi tegap dari belakang. Ia merasa bingung & tak percaya dengan apa yang diucapkan pegawai cafe tadi. Kata-kata “Masa sih? kok bisa? ah gak mungkin!” seakan memenuhi otak Monik.
       Kini mereka sudah berada di area luar café. “Ndra, el… lo?,” tanya Monik terbata-terbata pada Andra yang berdiri santai disampingnya sambil melipat tangan di dada.
       “Iyah, kenapa, Mon?”
       “Lo beneran yang punya café ini?” gumam Monik.
       Andra terdiam sebentar. “Lo tau dari mana?”
    “Kenapa lo gak bilang, sih?” ucap Monik kesal yang bercampur malu seakan menghiraukan pertanyaan balik dari Andra.
     “Bukan, gue cuma join doang. Cuma jadi investor kecil-kecilan. Temen gue yang ngejalanin bisnisnya,” balas Andra seakan tak ingin lebih lanjut membahas topik ini.
       Jawaban Andra membuat Monik menelan salivanya & kini berpikir keras. Jika dia memiliki café dengan nama yang cukup besar di area yang strategis di Bandung seperti ini. Bukankah ia bisa menunjukannya dari awal pada Monik. Mengingat alasan Monik ingin kembali menemui Andra malam itu adalah untuk menyombongkan kehidupannya sekarang yang jauh lebih baik dibanding cita-cita fantasi Andra. Lalu kenapa Andra tadi diam saja saat Monik meremehkannya. Ditambah penampilan Andra yang serba lusuh seakan meyakinkan semua orang bahwa ia sekarang tak berpenghasilan.
      Tiba-tiba suara klakson mobil memecah lamunan Monik. Suara dari mobil yang kemudian menepi & berhenti di  bahu jalan, tepat dihadapan mereka.
       “Mon, itu cowok lo deh kayanya,” seru Andra sambil menunjuk mobil berjenis mini-bus itu. Monik memang melihat Ivan, tunangannya yang duduk di kursi kemudi sambil menatapnya dibalik jendela mobil, seakan mengajak untuk segera masuk.
       “Bye, Mon! thank you, ya!” seru Andra sambil melambaikan tangan dan senyum yang lebar. Monik tak menjawab bahkan tak berani menoleh, hanya buru-buru masuk ke dalam mobil sambil menunduk. Rasa malu seakan mencekik tenggorokannya hingga tak bisa lagi berkata apapun pada Andra.
       Ivan menjalankan mobilnya dengan pelan di tengah jalanan Dago yg padat. “Kamu kok gak pernah bilang sih kalo kamu kenal sama Andra?” tanya cowok berkepala plontos itu sambil memindah-mindahkan frekuensi radio di mobilnya. “Iyah, dia temennya temen,” jawab Monik masih dalam posisi menunduk. “Eh, aku kan gak pernah bilang ke kamu kalo namanya Andra. Kamu tau dari mana?” lanjut Monik yang baru menyadari pertanyaan aneh dari tunangannya.
       “Sayang, kamu lucu deh. Aku kan kerja di majalah olahraga, masa gak kenal dia. Dia Andra Budiana, atlet skateboard nasional. Kemaren kan aku ke Shanghai juga buat liputan event X Games dimana dia jadi salah satu wakil Indonesia disana.”
       Jawaban dari tunangannya seakan petir yang seketika menyambar Monik. Sekujur tubuhnya membatu, terdiam, mengingat betapa bodohnya ia yang telah meremehkan Andra sejak tadi. Bahkan, sejak 4 tahun lalu. Monik makin menunduk, dengan kedua tangan yang menutupi wajahnya diiringi alunan lagu Manusia bodoh milik Ada Band dari speaker mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar