Senin, 18 Januari 2016

Kata Kata

Kata-kata kata-kata. Kata-kata menggema pelan disekitar mesin fisi nuklir ditengah padang pasir ini. Pandangan dan pandangan yang menghisap, membuat bergidik punggung Bapa Frans yang sedang memakai pakaian anti-radiasi itu.

Kata-kata kata-kata. Bapa Frans dan teman-teman melakukan inspeksi terakhir, sebelum reaktor ini akan ditutup oleh Leonid Brezhnev yang sedang sakit perut jalan-jalan mungkin salah makan di Moskow.

Kata-kata dan kata-kata. Kata-kata berpantul di jalan-jalan Jakarta, gorengan lima ribu teh botol dua puluh ribu.

"Bapa Frans pulang dari Utara!", teriakan seorang duda membuat semua manusia dan bukan-manusia menengok mendongak berlari kepada Bapa Frans, menyambutnya gembira penuh tawa, lalu ditembak dengan brutal oleh pasukan Bapa Frans.

"Lapor, kamp harmoni toleransi "Pelangi Bundo" sudah kami hancurkan", Bapa Frans berkata pada boneka beruang coklat bermata tinggal satu yang mungkin Radio penyiar kata-kata. Bapa Frans bermuram durja. Bapa Frans menembak muka-muka bahagia para manusia dan bukan-manusia itu. Bapa Frans benci orang tertawa. Sambil berjalan melewati struktur tinggi terbelah dua, yang menurut kata-kata, dulu namanya Monas, yang pernah Panjang Tinggi Besar Perkasa.

2 komentar:

  1. Setelah gw baca yang benar ya bok, ini menarik lho. Somehow, karya ini lebih ke puitis dan intriguing, buat gw personally. Gw bisa merasakan rhymenya. Which is nice. Mungkin kalau karya ini diperpanjang, kita akan tahu pada akhirnya makna simbolisme-simbolisme yang lu maksud.

    For the purpose of this group, mungkin karya ini kurang cocok. Karena kita fokusnya untuk menceritakan sesuatu yang kurang lebih perfect circle lah. Tapi gw melihat potensi karya ini sebagai Prolog novel setengah puitis yang lebih panjang.

    Tapi seperti yang gw bilang di komentar untuk karya Bismi, hati-hati sama ‘it was a dark and stormy night’ syndrome heheh. https://en.wikipedia.org/wiki/It_was_a_dark_and_stormy_night

    Kalau emang lu nyaman dengan style ini, buat gw ga masalah. Tapi coba di tweak lagi agar menjawab masalah group ini (belajar menulis cerita yang koheren, dengan awal tengah akhir).

    Semoga membantiiing <3

    BalasHapus
  2. gw ngerasa mz Sabda Sukarno masih kurang lepas. masih ada sedikit belenggu yang mengekang dalam mencurahkan segala kegelisahannya. lepaskan, mz... lepaskan...

    BalasHapus